Apa Itu Visual Novel?

Novel visual (ビジュアルノベル bijuaru noberu) atau yang terkadang disebut Sound Novel adalah sebuah jenis permainan interaksi fiksi yang dapat dimainkan di PC (komputer pribadi) dan sebagian dirilis di game console seperti PSP. Game ini berbasis fiksi interaktif yang menampilkan cerita novel dalam bentuk gambar-gambar statis (yang digambar dengan gaya anime), dan dilengkapi dengan kotak percakapan untuk menyampaikan narasi dan ucapan setiap karakter, dan terkadang setiap karakter memiliki sound effect sehingga setiap karakter yang ada dalam novel visual seolah hidup dan dapat berbicara.

Novel Visual dapat dibedakan dari jenis permainan lainnya. Biasanya sebagian besar interaksi pemain terbatas, yaitu hanya mengklik untuk melanjutkan teks dalam cerita. Juga terdapat Grafik dan Suara sebagai media visual audio. (game terbaru menawarkan fitur skip yaitu fitur untuk men skip percakapan).

Kebanyakan novel visual memiliki beberapa alur cerita dan banyak percabangan (akhir cerita), mekanik gameplay dalam kasus ini biasanya terdiri dari keputusan pemain dalam menentukan pilihan ganda, di mana pemain memilih sebuah arah untuk mengambil jalur atau arah ceritanya.
Saat ini masyarakat Indonesia masih belum banyak yang mengetahui tentang novel visual, dan mereka menyebutnya sebagai inovasi baru dalam dunia perkomikan (meskipun di Jepang sudah 10 tahun lebih game seperti ini hadir). Dan kebanyakan saat ini Visual Novel menggunakan bahasa jepang, itu pula yang membuat Visual Novel belum terlalu populer di Indonesi, meskipun beberapa sudah berbahasa inggris.

Visual Novel juga memilik genre yang luas dan tak kalah dengan Manga atau Light Novel.


Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment