Light Novel

Novel ringan atau light novel (ライトノベル raito noberu?) adalah sejenis novel yang sering disertai dengan ilustrasi anime atau manga, biasanya ditujukan untuk pembaca remaja usia sekolah menengahLight novel termasuk kata dalam kategori wasei-eigo, istilah dalam bahasa Jepang yang meminjam kosakata Bahasa Inggris, namun bukan bagian dari idiom Inggris. Di Jepang novel jenis ini sering disebut ranobe (ラノベ) atau LN di Barat. Novel jenis ini biasanya panjangnya berkisar 40.000–50.000 kata, sangat jarang melebihi 200 halaman, seringkali diterbitkan dengan jadwal rapat, biasanya diterbitkan dalam ukuran bunkobon, dan seringkali disertai ilustrasi. Cerita LN sering terlebih dahulu dimuat secara bersambung di majalah sebelum diterbitkan dalam bentuk buku. 


Light novel adalah evolusi dari majalah roman picisan Jepang (pulp magazine). Untuk menarik minat pembaca, mulai tahun 1970-an, majalah jenis ini mulai menyisipkan ilustrasi ke dalam cerita dan menyertakan artikel mengenai film, anime, dan game populer, setelah terlebih dahulu mengadopsi gaya sampul anime dan manga. Narasi berkembang menyesuaikan minat generasi baru dan pada akhirnya penuh dengan ilustrasi dengan gaya modern. Serial yang sukses kemudian dicetak dalam bentuk buku.
Kisah dalam serial novel-novel ringan telah banyak diadaptasi menjadi manga, anime, atau film live-action. Novel ringan umumnya dimuat dalam majalah-majalah sastra seperti Faust, Gekkan Dragon Magazine, The Sneaker, dan Dengeki hp, atau jenis majalah media franchise seperti Comptiq dan Dengeki G's. Contoh klasik dari tahun 90-an adalah novel Slayers karya Hajime Kanzaka yang telah diadaptasikan menjadi serial manga dan anime dengan judul yang sama

Light novel memiliki ciri-ciri yang tidak ada pada jenis novel lain.
  1. Umumnya ditulis dengan target remaja SMP-SMA
  2. Kebanyakan memiliki beberapa unsur seperti fantasi, fiksi ilmiah, petualangan, dan percintaan
  3. Memiliki ilustrasi dengan gaya komik di bagian sampul dan isi
  4. Kalimat percakapan lebih banyak daripada kalimat lain
  5. Tokoh-tokoh utama adalah pemuda-pemudi di bawah 20 tahun
Hampir seluruh light novel memiliki ciri-ciri ke 3,4, dan 5. Tiga hal ini dapat disebut sebagai ciri khas dari light novel.
Pada zaman sekarang ini Ligth Novel sudah menyebar luas keseluruh dunia. banyak Light Novel jepang yang diterjemahkan kedalam bahasa inggris atau yang lainnya. Meskipun jumlahnya tak terlalu banyak dibanding Novel biasa.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
1 January 2015 at 10:02 ×

terima kasih atas infonya

Selamat Blogger Tamvan dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment